LAPORAN HASIL PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
STKIP MUHAMMADIYAH BULUKUMBA ANGKATAN XXIII
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
TEAM
MAHASISWA PPL
PROGAM
STUDI BAHASA INDONESIA DAN BIOLOGI
SMP
MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH
BULUKUMBA
2011
STRUKTUR
PELAKSANAAN MAHASISWA PPL
PROGRAM STUDI
BAHASA INDONESIA DAN BIOLOGI
SMP
MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
KORDINATOR : NIMRAWATI 2008
310 200 266 BAHASA
SEKRETARIS : RISKA JUMARI 2008
310 300 097 BIOLOGI
BENDAHARA : IRDAYANTI MARCIM 2008 310 200 811 BAHASA
ANGGOTA : KIKI ANDRIANI 2008
310 200 847 BAHASA
ASTRI
DIAH EKA K.N 2008 310 200 173 BAHASA
HASRIANI.
A 2008 310 200 817 BAHASA
IIN
ASTRIANA 2008 310 200
842 BAHASA
MARDIANA 2008 310 200 841 BAHASA
NURFAIDAH 2008 310 200 174 BAHASA
IRMAWATI 2008 310 300 148 BIOLOGI
RAHMAH BINTI FIHRING 2008 310 300 147 BIOLOGI
NARNI 2008 310
300 351 BIOLOGI
RAHMAWATI 2008 310 300 350 BIOLOGI
MUH.
SABIR 2008 310
300 122 BIOLOGI
A.
IDUL TANRAWALI 2008 310 300 124 BIOLOGI
HASBAR 2008 310 300
080 BIOLOGI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
2011
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bulukumba yang berlokasi
di SMP Muhammadiyah Bulukumba yang dilaksanakan dari tanggal 24 Oktober sampai
tanggal 17 Desember 2011. Telah terlaksana sesuai dengan program yang telah
ditentukan.
Laporan ini diajukan
untuk mendapat pengesahan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh nilai
mata kuliah PPL.
Diterima dan
disahkan pada :
Hari :
Tanggal :
Tahun :
No
|
Nama Guru Pamong
|
Bidang Studi
|
Tanda Tangan
|
1.
2.
|
Hj. St. Aisyah, S. Pd
NIP. 19531231 198101 2 018
H. Bahrir
Nasir, S. Pd
NIP. 19600605
198103 1 015
|
Bahasa Indonesia
Biologi
|
1.
2.
|
Mengetahui :
Kepala SMP Muhammadiyah Dosen
Pembimbing
Mustafah, S. Pd Drs.
Muh. Ilyas Arief
NIP. 19661231 198604 1 007 NIP. 19511130
198003 1 001
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah
kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayahNya, sehingga
kami dapat menyelesaikan laporan Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan
Angkatan XXIII Tahun Akademik 2011/2012 STKIP Muhammadiyah Bulukumba telah
terlaksana sesuai dengan program kegiatan yang telah ditetapkan sebagai
implementasi penguasaan ilmu pengetahuan.
Praktek Pengalaman
Lapangan sebagai salah satu persyaratan akademik dalam penyelesaian studi
jenjang Starata Satu (SI) jurusan pendidikan dan merupakan suatu indikator
keberhasilan dalam merealisasikan penguasaan ilmu pengetahuan, baik secara
teoritis maupun dalam bentuk aplikasi praktek mengajar di kelas.
Kami menyadari
sepenuhnya, bahwa pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan saat ini, sangat
diwarnai dengan ketidak maksimalan planning oriented sehingga
pelaksanaannya terkesan tidak sistematis
dan konstruktif. Namun kematangan intelektual dan kematangan emosional
mahasiswa. Baik individu maupun kelompok dapat mengelimir keadaan, sehingga
mewujudkan proses kerja yang berdedikasi tinggi bagi institusi.
Pada kesempatan ini
dengan segalah kerendahan hati, kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan
yang setinggi-tingginya kepada :
1. Ibu Dr. Hj. A. Sumrah AP,
M.Si : Ketua
STKIP Muhammadiyah
2. Bapak Drs. Ilyas Arif : Dosen Pembimbing
3. Bapak Mustafah, S. Pd : Kepala SMP Muhammadiyah
4. Ibu Hj. St. Aisyah, S. Pd : Guru Pamong Bahasa Indonesia
5. Bapak H. Bahrir Nasir, S.
Pd : Guru Pamong Biologi
6. Seluruh Staf, Guru dan
Pegawai SMP Muhammadiyah Bulukumba yang telah meluangkan waktunya dan berfikir
seoptimal mungkin dalam membimbing dan mengarahkan kami, sehingga Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan sukses.
Tiada imbalan yang
kami berikan, hanya kepada Allah SWT. Kami mohon semoga segalah bantuan yang
telah diberikan senantiasa bernilai ibadah disisiNya. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.
Bulukumba, Desember 2011
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ...................................................................................... ......... i
HALAMAN PENGESAHAN ......... ii
STRUKTUR PELAKSANAAN MAHASISWA PPL .................................. ......... iii
KATA PENGANTAR ......... iv
DAFTAR ISI .................................................................................................. ......... vi
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A. Latar Belakang .................................................................................. ......... 1
B. Pengertian
Praktek Pengalaman Lapangan ....................................... ......... 2
C. Tujuan Praktek
Pengalaman Lapangan........................................................ 2
D.
Hasil yang Dicapai ..................................................... 2
BAB II GAMBARAN UMUM SMP
MUHAMMADIYAH
BULUKUMBA................................................................................. ......... 3
A. Latar Belakang .................................................................................. ......... 3
B. Visi dan Misi SMP
Muhammadiyah Bulukumba .............................. ........ 5
C. Data Tenaga Guru
dan Tenaga Staf Tata Usaha SMP
Muhammadiyah
Bulukumba.............................................................. ......... 6
D. Struktur Organisasi SMP Muhammadiyah Bulukumba .........8
BAB III REALISASI PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN
LAPANGAN (PPL)
DI SMP MUHAMMADIYAH .........9
A. Persiapan ........................................................................................... ......... 9
B. Penyusunan
Program ......... 9
C. Faktor Penunjang ......... 10
D. Faktor Penghambat ........................................................................... ......... 11
BAB IV PENUNTUP............................................................................................... 12
A. Kesimpulan......................................................................................... ......... 12
B. Saran .................................................................................................. ......... 12
LAMPIRAN
1. Kalender Pendidikan dan Pemetaan Minggu
Efektif
2. Program Tahunan, Program Semester Jurusan
Bahasa dan Sastra Indonesia
3. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
4. Jurnal Harian Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
5. Program Tahunan, Program Semester Jurusan
Biologi
6. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Jurusan Biologi
7. Jurnal Harian Jurusan Biologi
8. Dokumentasi Proses Pelaksanaan PPL
9. Biodata Peserta PPL
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
STKIP Muhammadiyah
Bulukumba adalah salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan mencetak
tenaga-tenaga edukatif yang profesional dan memiliki kualitas kompotetif diera
globalisasi, sebagai konsekuensi tentunya diharapkan mampu menjadi lembaga
pendidikan yang berbasis kompetensi secara konprensihef, melakukan transformasi
pendidikan yang berciri situasional dan selanjutnya berkembang menjadi lembaga
pendidikan yang tangguh serta mampu berkompetensi pada dunia kerja.
Mencermati
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara global, setidak-tidaknya
sistem pendidikan harus dienergikan dengan kemampuan analisis keilmuan yang
kompleks pula. Betapa tidak, kelangkaan peneliti-peneliti muda sebagai prodik
lembaga pendidikan yang berbasis keilmuan masyarakat ketidak mampuan lembaga
dalam proses penanaman ilmu sebagai bagian peserta didiknya.
Seiring dengan hal tersebut
diatas, STKIP Muhammadiyah Bulukumba terus melakukan langkah-langkah yang
signifikan dalam menyikapi setiap perubahan yang ada. Suatu kemajuan bahwa
“Open Managemen” yang perlahan ditempuh oleh institusi dalam mewujudkan suasana
kelembagaan yang konduite, menjadi indikator perubahan pola pikir positif.
Dalam rangka
penyelesaian Studi Starata Satu (SI) jurusan kependidikan. Selain Kuliah Kerja
lapangan Plus (KKLP), tetapi juga praktek Pengalaman Lapangan (PPL) juga
menjadi suatu tahap yang harus ditempuh oleh Mahasiswa.
Untuk menciptakan
mahasiswa siap bersaing, maka tentunya sudah sepatutnya lembaga melakukan Lulus
Uji kelayakan dalam arti bahwa sarjana-sarjana yang merupakan keluaran lembaga
harus memiliki kompetensi dan konsistensi bahwa orientasi keilmuan memiliki
sfesifikasi yang sistematis yang harus dipertanggung jawabkan. Legalisasi
keilmuan tidak selalu mencerminkan keabsolutan nilai yang dikandungnya banyak
persoalan yang terjadi di lapangan.
STKIP Muhammadiyah
dalam eksistensinya diperlukan jiwa yang besar dalam mereorentasi dirinya dan
seluruh komponen yang mendukung. Tugas yang telah dipercayakan untuk
menciptakan sumber daya manusia menjadi tanggung jawab moral dan konsekuensi
sebagai lembaga akademik yang berlandaskan pada “Tri Darma Perguruan
Tinggi” dan konsep buku yang telah disepakati. Langkah nyata adalah
memaksimalkan semua potensi aktivitas akademik secara simultan, sistematis dan
konstruktif.
B.
Pengertian
Praktek Pegalaman Lapangan
Praktek pengalaman
lapangan adalah suatu program edukatif (Mengajar) yang dilakukan oleh Mahasiswa
yang melakukan ilmu teoritis dan praktis sebagai pernyataan studi jejang Strata
Satu (SI) jurusan pendidikan.
Praktek pengalaman
lapangan mengimplementasikan kompetensi dan mengaktualisasikan sikap
sebagai calon pendidik yang tangguh dan
berkualitas.
C.
Tujuan
Praktek Pengalaman lapangan
Praktek Pengalaman Lapangan
bertujuan untuk menumbuhkan sikap serta kemampuan professional tenaga pendidik
yang memiliki kompetensi. Selain itu praktek pengalaman lapangan merupakan
sarana pra pembentukan moralitas calon pendidik yang berbasis kompetensi penuh
tanggung jawab dan professional berkode
etik.
D.
Hasil
Yang Ingin Dicapai
Pelaksanaan Praktek pengalaman
lapangan diharapkan dapat membentuk dan menciptakan pribadi-pribadi unggul
sebagai calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta prilaku yang mulia dalam
pengabdian yang tulus.
Pengabdian bagi seorang guru sebagai
gelar tertinggi dalam profesi yang lain. Guru merupakan pahlawan tanpa jasa
yang merupakan gelar sejati para pendidik atau guru. Oleh karena itu, hal ini
perlu orientasi yang dalam arti bahwa gelar seperti itu menunjukkan
diskriminatif profesi. Sekarang adalah realisasi bebas simbolis tanpa pamri,
dan reformasi sistem.
BAB II
GAMBARAN UMUM
SMP MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
A.
Latar
Belakang
Kurikulum
dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaran kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan Nasional. Tujun pendidikan Nasional ini mencakup
tujuan pendidikan kekhasa pada Tingkat Satuan
Pendidikan tertentu yang dikelolah oleh Organisasi masyarakat dan memiliki ciri
khusus sesuai potensi, kondisi dan karekteristik daerah setempat.
Pengembangan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) beragam mengacu pada Peraturan pemerintah No.
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian
tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional pendidikan terdiri atas standar
isi, standar proses, standar penilaian pendidikan. Dua dari Standar nasional pendidikan tersebut yaitu Standar
isi (SI) dan Standar Kompetensi kelulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi
satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Kurikulum tingkat
satuan pendidikan (KTSP) disusun antara lain agar dapat memberikan kesempatan
peserta didik untuk :
a)
Memantapkan
keimanan kepada Allah Subhanahu Wata”ala
b)
Belajar
untuk memahami dan menghayati
c)
Belajar
untuk melaksanakan dan berbuat secara efektif
d)
Belajar
untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
e)
Belajar
untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.
Kurikulum SMP adalah
kurikulum operasional yang disusun sekolah dan dilaksanakan oleh masing-masing
tenaga pendidik dan kependidikan. Kurikulum ini, terdiri dari tujuan pendidikan
dasar dan menengah, tujuan sekolah, struktur dan muatan kurikulum, muatan lokal,
pengembangan diri, kelender pendidian, dan silabus.
Kurikulum SMP
Muhammadiyah bulukumba di Bulukumba sebagai perwujudan dari kurikulum
pendidikan dasar atau menengah (kejuruan) dikembangkan sesuai dengan
relevansinya oleh Sekolah tersebut dan bekerjasama dengan komite
sekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervise dinas pendidikan atau kantor
Departemen Agama Kabupaten Bulukumba/Kota propinsi, penyusunan kurikulum SMP Muhammadiyah
Bulukumba berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta
panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.
Kurikulum dikembangkan berdasarka
prinsip-perinsip berikut :
§
Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
§ Beragam dan terpadu
§ Tanggap terhadap perkembangan ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni
§ Relevan dengan kebutuhan hidup
§ Menyeluruh dan berkesinambungan
§ Belajar sepanjang hayat
§ Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Acuan operasional
Kurikulum SMP Muhammadiyah Bulukumba
disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
§ Peningkatan Iman dan takwa serta akhlak mulia
§
Peningkatan
potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan
peserta didik
§ Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
§ Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
§ Tuntutan dunia kerja
§ Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
§ Agama
§ Dinamika perkembangan global
§ Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
§ Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
§ Kesetaran jender
B. Visi dan Misi SMP Muhammadiyah Bulukumba
“Terbentuknya
insan yang cerdas, beriman dan berakhlak mulia dalam beramal ma’ruf nahi
mungkar”
Kurikulum yang disusun oleh SMP Muhmmadiyah Bulukumba di
Bulukumba ini untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan
kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara
pendidikan memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan
dan tantangan itu misalnya menyangkut (1) Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
teknologi, (2) Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan
mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) Era informasi, (4) pengaruh
globalisasi terhadap perubahan perilaku (akhlaq) dan moral manusia, (5) adanya
kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan yang islami.
Dalam merumuskan
visi SMP Muhammadiyah Bulukumba telah bermusyawarah dan bersepakat semua
stokekholders bersama komite sekolah sebagai berikut:
Kami memilih visi
ini untuk tujuan jangka panjang, jangka
menengah dan jangkah pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu
mewujudkan setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.
Visi tersebut mencerminkan profil dan
cita-cita sekolah yang:
“Terbentuknya
insan yang cerdas, beriman dan berakhlak mulia dalam beramal ma’ruf nahi
mungkar”
Untuk mencapai visi
tersebut, perlu disusun misi berupa kegiatan jangka pendek, menengah dan
panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan
berdasarkan visi di atas.
Misi sebagai berikut :
1.
Melaksanakan
PSB yang transparan, akuntabilitas, objektif sehingga tercipta kepercayaan
masyarakat
2.
Menumbuhkan
budaya disiplin sehingga tercipta sumber daya manusia (SDM) yang menghargai
aturan
3.
Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembnag
secara optimal sesuai potensi yang dimiliki
4.
Memberdayakan
guru dan tenaga kependidikan lainnya sehingga guru/pegawai profesional dalam
melaksanakan tugas-tugasnya
5.
Menumbuhkan
penghayatan terhadap ajaran yang dianut dari juga budaya bangsa sehingga
menjadi sumber kreatif dalam bertindak
6.
Menyediakan
dan memanfaatkan sarana dan prasarana maksimal sehingga pembelajaran yang
cerdas dan menyenangkan
7.
Melaksanakan
pelatihan-pelatihan sehingga dapat melahirkan SDM berbakat, kreatif, serta
inovatif
8.
Menciptakan
kesehatan sekolah yang asli sehingga tercipta kenyamanan dalam melaksanakan
aktivitas di sekolah
9.
Menerapkan
manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok
kepentingan yang terpakai dengan sekolah.
C. DATA TENAGA GURU DAN TENAGA STAF TATA USAHA SMP MUHAMMADIYAH
BULUKUMBA DI BULUKUMBA TAHUN 2011
NO
|
NAMA GURU
|
JABATAN
|
ALAMAT
|
KET
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
MUSTAFAH, S. Pd
NIP. 19661231 198604 1 007
Hj. NURLINDA, S. Pd
H. BAHRIR NASIR, S. Pd
NIP. 19600605 198103 1 015
Hj. ST. AISYAH, S. Pd
NIP. 19531231 198101 2 108
Hj. NUR’AENI, S. Pd
NIP. 1951123 198703 2 056
MEGANUR, S. Pd
NIP. 19640107 198703 2 101
ABD. LATIF
NIP. 19510704 198303 1 010
ROHANI
NIP. 19601231 198303 2 115
ISMAIL, S. Pd
RAMAYANTI
HAERANI
DINI AHRIANI, S. Pd
AGUSTIAR, S. Pd
|
KEPALA SEKOLAH
WAKASEK
GURU BIOLOGI
GURU BAHASA
GURU AGAMA ISLAM
GURU IPS
GURU KEMUHAMMADIYAH
PPKN
BK
TIK
GURU BAHASA INGGRIS
GURU BAHASA INGGRIS
TATA USAHA
|
JL. BANGAU
JL. NANGKA
JL. NANGKA
BTN I
MANJELLING
JL. MENARA
JL. MELATI
BTN I
JL. MONGINSIDI
PARANYELLING
JL. MESJID RAYA
Jl. KH. AGUS SALIM
BONTO MACINA
|
A.
Struktur
Organisasi SMP Muhammadiyah Bulukumba
KOMITE SEKOLAH
KEPALA SEKOLAH
MUSTAFAH, S. Pd
NIP : 19661231 198604 1 007
WAKIL KEP. SEKOLAH
Hj. NURLINDA, S. Pd
NBM : 905745
KAUR TU
KR. PERPUTAKAAN UR. KESISWAAN UR. KURIKULUM KOR. LABORATORIUM
WALI KELAS DEWAN GURU STAF TU
SISWA
BAB III
REALISASI PELAKSANAAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMP
MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
A. Persiapan
Pada awal pelaksanaan
PPL terlebih dahulu melakukan observasi di lokasi yang akan menjadi tempat
pelaksanaan PPL. Tujuannya adalah untuk mengetahui suasana kondisi sekolah
tersebut sebagai bentuk adaptasi mahasiswa PPL dengan warga sekolah, selain itu
observasi juga bertujuan untuk merumuskan penyusunan program yang meliputi
pembagian tugas berdasarkan jurusan. Penyusunan program dilaksanakan bersama
guru pamong yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Adapun hal-hal yang perlu
dipersiapkan, antara lain:
1.
Lokasi
pelaksanaan
Lokasi pelaksanaan PPL tersebar dibeberapa sekolah di kabupaten
Bulukumba yang meliputi sekolah menengah umum (SMA) dan sekolah menengah
pertama (SMP). Dalam hal ini lokasi pelaksanaan PPL kami adalah SMP
Muhammadiyah Bulukumba.
2.
Waktu
Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Sekolah tinggi
keguruan dan ilmu pendidikan (STKIP) adalah tanggal 24 Oktober 20111, yang merupakan
awal pelaksanaan PPL sampai tanggal 17 Desember
2011 (Penarikan) yang merupakan akhir pelaksanaan PPL.
B.
Penyusunan
Program
Dalam penyusunan program proses belajar mengajar dilakukan secara
bersama, guru pamong dan para mahasiswa PPL, atas persetujuan Bapak Kepala
Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Bulukumba pada saat observasi
dilakukan bertempat di ruang Wakamad.
Berikut nama-nama guru pamong :
1.
Hj.
St. Aisyah, S. Pd (Guru pamong Bahasa
Indonesia)
NIP. 19531231 198101 2 018
2.
H.
Bakhrir Nasir, S. Pd (Guru pamong Biologi)
NIP. 19600605 198103 1 015
Dalam penyusunan program ini dibagi
berdasarkan kelas masing-masing untuk jurusan Bahasa dan sastra Indonesia dan
Jurusan Biologi masing-masing menempati kelas VII, Kelas VIII, dan Kelas IX.
BERIKUT DAFTAR NAMA-NAMA PEMBAGIAN KELAS
No
|
NAMA
MAHASISWA
|
STAMBUK
|
JURUSAN
|
KELAS YANG DIAJAR
|
1
|
IRDAYANTI
MARCIM
|
2008 310 200 811
|
BAHASA
|
VII
|
2
|
NURFAIDAH
|
2008 310 200 174
|
BAHASA
|
VII
|
3
|
NIMRAWATI
|
2008 310 200 266
|
BAHASA
|
VIII
|
4
|
IIN ASTRIANA
|
2008 310 200 842
|
BAHASA
|
VIII
|
5
|
MARDIANA
|
2008 310 200 841
|
BAHASA
|
VIII
|
6
|
ASTRI DIAH
EKA K.N
|
2008 310 200 172
|
BAHASA
|
IX
|
7
|
HASRIANI
|
2008 310 200 817
|
BAHASA
|
IX
|
8
|
KIKI ANDRIANI
|
2008 310 200 847
|
BAHASA
|
IX
|
9
|
IRMAWATI
|
2008 310 300 148
|
BIOLOGI
|
VII
|
10
|
A.IDUL TANRAWALI
|
2008 310 300 124
|
BIOLOGI
|
VII
|
11
|
MUH. SABIR
|
2008 310 300 122
|
BIOLOGI
|
VII
|
12
|
RISKA JUMARI
|
2008 310 300 097
|
BIOLOGI
|
VIII
|
13
|
HASBAR
|
2008 310 300 080
|
BIOLOGI
|
VIII
|
14
|
RAHMAH BINTI
FIHRING
|
2008 310 300 147
|
BIOLOGI
|
VIII
|
15
|
RAHMAWATI
|
2008 310 300 350
|
BIOLOGI
|
IX
|
16
|
NARNI
|
2008 310 300 351
|
BIOLOGI
|
IX
|
C. Faktor
penunjang
Pelaksanaan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) ditunjang oleh beberpa faktor, antara lain:
§ Faktor Internal Meliputi :
a.
Pembekalan
Peserta PPL melalui Micro Teaching
b.
Koordinasi
antara Dosen Pembimbing dengan peserta PPL
c.
Kerjasama
antara peserta PPL
§ Faktor Eksternal Meliputi :
a.
Lembaga
Penerima PPL
b.
Koordinasi
antara guru pamong dengan peserta PPL
c.
Siswa
sebagai objek PPL
D.
Faktor
Penghambat
Sebagai faktor penghambat dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman
Lapangan dianggap belum berjalan secara maksimal sesuai dengan program
pendidikan sebenarnya :
Adapun faktor penghambat pelaksanaan kegiatan tersebut :
1.
Keterbatasan
Waktu dalam pelaksanaan PPL
2.
Karakter
Siswa
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Praktek pengalaman
lapangan angkatan XXIII Akademik 2011/2012 Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bulukumba
yang bertempat di SMP Muhammadiyah Bulukumba mulai dari tanggal 24 Oktober sampai
tanggal 17 Desember 2011 telah terlaksana sesuai dengan program kegiatan yang
telah ditetapkan.
Dengan dasar itu kami
peserta PPL dapat menyimpulkan bahwa :
1.
Pelaksanaan
PPL berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam
pelaksanaan PPL
2.
Keberhasilan
yang telah dicapai merupakan perwujudan kerjasama antara mahasiswa, dosen
pembimbing, guru pamong, serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan
kegiatan ini.
B. Saran-saran
Setelah melihat realitas yang terjadi
pada pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan Angkatan XXIII tahun akademik
2011/2012 ini. Kami menyarankan untuk kita sebagai pemerhati terkhusus pada
lembaga STKIP sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan :
1.
Perlunya
melakukan perubahan pola pikir dalam menyelenggarakan pendidikan yang
konstruktif sistematis sebagai konsekuensi yang ilmiah
2.
Perlunya
diberi waktu yang maksimal (Satu Semester) agar pengalaman yang diperoleh
mahasiswa lebih banyak sekolah
3.
Kami
dari mahasiswa PPL angkatan XXIII tahun akademik 2011/2012 menyarankan kepada
Dosen Pengasuh mata kuliah supaya kegiatan micro- teaching lebih diintensifkan
dan materinya diperluas agar tidak sekedar pembawaan materi pelajaran di depan
kelas, tapi juga dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran.
PRAKTEK
PENGALAMAN LAPANGAN
ANGKATAN
XXIII 2011/1012
SMP
MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
JURNAL
HARIAN
JURUSAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VII
No
|
Hari/Tanggal
|
Jam
Mengajar
|
Materi Pokok
|
Jumlah
Siswa
|
Hadir
|
Izin
|
Sakit
|
Alpa
|
Ket
|
1.
|
Rabu,
26-10-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang baik dan benar
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
2.
|
Kamis,
27-10-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa
|
17
|
15
|
-
|
-
|
1
|
|
3.
|
Rabu,
02-11-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
4.
|
Kamis,
03-11-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Menemukan
hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
17
|
14
|
-
|
1
|
2
|
|
5.
|
Rabu,
09-11-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Menunjukan
relevansi dongeng dengan situasi sekarang
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
6.
|
Kamis,
10-11-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Bercerita
dengan urutan yang baik sesuai lafal, intonasi serta mimik yang tepat
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
7.
|
Rabu,
16-11-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Bercerita
dengan urutan yang baik, sesuai lafal, intonasi serta mimik yang tepat
|
17
|
16
|
1
|
-
|
-
|
|
8.
|
Kamis,
17-11-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
17
|
16
|
1
|
-
|
-
|
Bulukumba, Desember 2011
Guru Pamong Mahasiswa
PPL
Hj. St. Aisyah, S. Pd Irdayanti
Marcim
NIP. 19531231 198101 2 018 NIM. 2008 310
200 811
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Mustafah,
S. Pd
NIP.
19661231 198604 1 007
PRAKTEK
PENGALAMAN LAPANGAN
ANGKATAN
XXIII 2011/1012
SMP
MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
JURNAL
HARIAN
JURUSAN : MIPA (BIOLOGI)
KELAS : VIII
No
|
Hari/Tanggal
|
Jam
Mengajar
|
Materi Pokok
|
Jumlah
Siswa
|
Hadir
|
Izin
|
Sakit
|
Alpa
|
Ket
|
1.
|
Rabu,
26-10-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang baik dan benar
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
2.
|
Kamis,
27-10-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa
|
17
|
15
|
-
|
-
|
1
|
|
3.
|
Rabu,
02-11-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
4.
|
Kamis,
03-11-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Menemukan
hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
17
|
14
|
-
|
1
|
2
|
|
5.
|
Rabu,
09-11-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Menunjukan
relevansi dongeng dengan situasi sekarang
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
6.
|
Kamis,
10-11-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Bercerita
dengan urutan yang baik sesuai lafal, intonasi serta mimik yang tepat
|
17
|
16
|
-
|
-
|
1
|
|
7.
|
Rabu,
16-11-2011
|
08.50-09.30
09.30-10.30
|
·
Bercerita
dengan urutan yang baik, sesuai lafal, intonasi serta mimik yang tepat
|
17
|
16
|
1
|
-
|
-
|
|
8.
|
Kamis,
17-11-2011
|
07.30-08.10
08.10-08.50
|
·
Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
17
|
16
|
1
|
-
|
-
|
Bulukumba, Desember 2011
Guru Pamong Mahasiswa
PPL
H. Bahrir Nasir, S. Pd Riska
Jumari
NIP. 19600605 198103 1 015 NIM. 2008 310 300 097
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Mustafah,
S. Pd
NIP.
19661231 198604 1 007
Mahasiswa PPL STKIP Muhammadiyah Bulukumba bersama kepala sekolah
dan guru pamong SMP Muhamamadiyah Bulukumba
Tim Pemantau dari STKIP Muhammadiyah Bulukumba
BIODATA MAHASISWA PPL
BIODATA
Nama : Nimrawati
No.
STBK : 2008 310 200 266
TTL : Bulukumba, 28 Maret 1983
Alamat : Tala Desa Barombong
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Kordinator
Pesan :
Program PPL merupakan wadah untuk mengimplementasikan pengetahuan yang kita
dapatkan di bangku perkuliahan. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan momen
tersebut dengan baik dan jauhi kemalasan karena kemalasan merupakan pintu
kegagalan.
Kesan : Selama
melaksanakan program PPL di SMP Muhammadiyah Bulukumba, saya mendapat banyak
pengalaman utamanya dalam hal mengajar dan mengenali karakter siswa yang
berbeda-beda. Berdiri didepan para siswa dan bertindak sebagai seorang guru
merupakan hal yang paling menyenangkan.
BIODATA
Nama : Riska Jumari
No.
STBK : 2008 310 300 097
TTL : Barombong, 05 April 1989
Alamat : Tombung Batue
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Sekretaris
Pesan :
Semoga siswa SMP Muhammadiyah dapat meraih prestasi yang lebih cemerlang.
Kesan : Guru dan siswa
SMP Muhammadiyah baik, ramah, dan selalu kompak
BIODATA
Nama : Irdayanti Marcim
No.
STBK : 2008 310 200 811
TTL : Bulukumba, 15 April 1981
Alamat : Jl. Jambu No. 5
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Bendahara
Pesan :
Raihlah ilmu setinggi mungkin untuk mencapai cita-cita.
Kesan : Selama PPL di
SMP Muhammadiyah Bulukumba, saya mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan
terutama mengajar dan itu membuat saya lebih termotivasi untuk kedepan.
BIODATA
Nama : Nurfaidah
No.
STBK : 2008 310 200 174
TTL : Bantaeng, 12 Maret 1975
Alamat : Borong Kapala
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Anggota
Pesan :
Railah ilmu setinggi mungkin karena dengan ilmu manusia jauh dari kehinaan.
Kesan : Selama saya
PPL di SMP Muhammadiyah Bulukumba, banyak karakter yang saya temui dan itu
menbuat saya termotivasi untuk terus menuntut ilmu.
BIODATA
Nama : Iin Astriana
No.
STBK : 2008 310 200 842
TTL : Bulukumba, 12 Oktober 1990
Alamat : Jl. Abd. Asis No. 58
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Anggota
Pesan :
Untuk guru-guru khususnya guru pamong terima kasih atas segala bimbingan yang telah
diberikan kepada saya, semoga Tuhan membalas semua ilmu yang telah kau berikan
kepadaku.
Kesan : Sekolah ini
telah memberikan banyak pelajaran kepada saya, bagaimana menjadi seorang guru
yang baik selama PPL. Ini semua disebabkan oleh para guru dan siswa yang selalu
menerima dan membimbing saya.
BIODATA
Nama : M a r d i a n a
No.
STBK : 2008 310 200 841
TTL : Bulukumba, 08 Juni 1990
Alamat : Barabba, Desa Bialo
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Anggota
Pesan :
Program PPL merupakan wadah untuk mengimplementasikan pengetahuan oleh karena
itu, kita harus meningkatkan momen tersebut dengan meningkatkan kedisiplinan
karena disiplin adalah kunci dari sebuah kesuksesan
Kesan : Selama
mendapat progam PPL di SMP Muhammadiyah Bulukumba, banyak pengalaman yang saya
dapatkan terutama dalam hal mengajar dan mengenal karakter siswa yang
berbeda-beda. Mengajar adalah hal yang sulit karena berdiri di depan siswa
memaparkan materi pembelajaran dengan karakter yang berbeda-beda, tetapi
sebenarnya mengajar itu mudah dan menyenangkan jika kita bersungguh-sungguh
untuk menjadi seorang pengajar.
BIODATA
Nama : Astri Diah Eka K.N
No.
STBK : 2008 310 200 173
TTL : Bulukumba, 01 Januari 1988
Alamat : Jl. Dato Tiro Kel. Kalumeme
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Anggota
Pesan :
Segala pekerjaan tidak ada yang sulit jika kita mau melakukan dan
mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.
Kesan : Selama PPL di
SMP Muhammadiyah saya mendapat banyak pengalaman dalam mengajar dan menghadapi
siswa yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Ini merupakan modal yang saya
dapatkan untuk dijadikan sebagai acuan dimasa depan.
BIODATA
Nama : Hasriani. A
No.
STBK : 2008 310 200 817
TTL : Sinjai, 05 Oktober 1990
Alamat : Jl. Jambu
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Anggota
Pesan :
Meski manusia diciptakan berbeda-beda, tetapi jangan dibedakan.
Kesan : Mengajar di
SMP Muhammadiyah adalah pengalaman yang pertama kali saya dapatkan. Setelah
mengajar disekolah ini, saya baru mengetahui bahwa yang ada dihadapan saya
adalah siswa-siswa yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Dari sinilah saya
belajar untuk mengetahui karakter mereka masing-masing dan memotivasi siswa
yang memiliki semangat yang kurang dalam menerima pelajaran. Pengalaman yang
berharga ini akan saya ingat selamanya dan saya jadikan sebagai pedoman untuk
melangkah kedepan.
BIODATA
Nama : Kiki Andriani
No.
STBK : 2008 310 200 847
TTL : Samarinda, 09 April 1989
Alamat : Jl. Pettarani
Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Jabatan : Anggota
Pesan :
Tidak ada pekerjaan yang sulit untuk dilakukan jika kita mau melakukannya dengan
sungguh-sungguh serta dilandari dengan penuh keikhlasan.
Kesan : pengalaman
yang sangat terindah dan berharga, serta sulit untuk dilupakan ketika
bersama-sama dengan anak-anak dalam proses belajar mengajar. Pengalaman ini
akan saya jadikan acuan untuk memberikan yang tebaik kepada siswa saya
nantinya.
BIODATA
Nama : Irmawati
No.
STBK : 2008 310 300 148
TTL : Bantaeng, 24 Oktober 1986
Alamat : Banyorang
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Anggota
Pesan :
Semoga siswa SMP Muhammadiyah Bulukumba dapat meraih prestasi yang cemerlang
dengan terus belajar.
Kesan : Guru dan siswa
SMP Muhammadiyah baik, ramah, dan kompak.
BIODATA
Nama : A. Idul Tanrawali
No.
STBK : 2008 310 300 124
TTL : Bulukumba, 5 Juli 1989
Alamat : Jl. Ir. Soekarno
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Anggota
Pesan :
Dalam mewujudkan suatu perubahan untuk perbaikan, mulailah pada diri pribadimu
dan kembangkan dilingkungan yang terjangkan otoritasmu.
Kesan : Selama PPL
saya merasa senang menghadapi anak-anak yang mempunyai motivasi yang tinggi.
BIODATA
Nama : Muhammad Sabir
No.
STBK : 2008 310 300 122
TTL : Bulukumba, 16 Januari 1990
Alamat : Barabba
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Anggota
Pesan :
Raihlah impian anda sebab impianlah yang memberikan kita semangat untuk bekerja
yang lebih keras dan perbaikilah prilaku dan sikap anda kesemua orang.
Kesan : Perbaikilah
hubungan anda kepada semua orang dan marilah kita sama-sama mengoreksi diri
sendiri, jangan saling menyalahkan.
BIODATA
Nama : Rahmah Binti Fihring
No.
STBK : 2008 310 300 147
TTL : Beufort, 28 Oktober 1988
Alamat : Banyorang, Bantaeng
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Anggota
Pesan :
Semoga siswa SMP Muhammadiyah Bulukumba tetap eksis mau dari kurikuler dan ekstrakurikuler.
Kesan : Siswa dan guru
SMP Muhammadiyah Bulukumba baik dan kompak.
BIODATA
Nama : H a s b a r
No.
STBK : 2008 310 300 080
TTL : Bulukumba, 27 September 1990
Alamat : Barabba
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Anggota
Pesan :
Jadilah diri sendiri dan gunakan sebuah prinsip “ Kenapa orang lain bisa kenapa
kita tidak”
Kesan : Siswa dan guru
SMP Muhammadiyah Bulukumba baik dan kompak
BIODATA
Nama : Rahmawati
No.
STBK : 2008 310 300 350
TTL : Ponre, 23 Maret 1975
Alamat : Borong Rappoa Kec. Kindang
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Anggota
Pesan :
Hati yang patah bukan merupakan suatu dalih untuk melangkah dengan goyah akan
tetapi merupakan peringatan agar langkah tidak kembali salah, cinta boleh
hancur, harapan boleh tak terwujud tetapi cita-cita janganlah menjadi
penghalang, untuk setiap langkah dan gerakmu. Bangkit dan berjuanglah demi masa
depanmu di hari esok.
Kesan : Apa yang saya
dapatkan selama PPL di SMP Muhammadiyah ini adalah pengalaman terbaik bagi saya,
ini berarti bahwa betapa pentingnya makna dan jasa seorang guru, ketika beliau
menyumbangkan ilmunya demi kecerdasan bangsa dan Negara.
BIODATA
Nama : N a r n i
No.
STBK : 2008 310 300 351
TTL : Harue, 12 April 1976
Alamat : Jl. A. Mappatunru Kel. Tanete
Jurusan
: MIPA (Biologi)
Jabatan : Anggota
Pesan :
Saya sarankan kepada para siswa SMP Muhammadiyah Bulukumba jadilah orang yang
berbakti kepada kedua orang tua dan mengabdi kepada nusa dan bangsa untuk
meraih cita-cita masa depan yang lebih baik.
Kesan : Selama saya
berada dalam proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah, siswa selalu aktif
dalam segala mata pelajaran tanpa ada permasalahan yang saya hadapi.
izin ambil, buat contoh kami laporan PPL.
BalasHapusSilahkan
Hapus