1. Jelaskan hubungan antara statistik dengan penelitian?
Ø Statistik sangat erat hubungannya dengan penelitian karena
penelitian tidak terlepas dari cara mengumpulkan data, besaran dan sampel yang
dapat memberikan informasi terhadap yang diteliti, disamping itu juga sebelum
kita meneliti terlebih dahulu yang perlu diperhatikan yaitu membuat konsep dan
metode untuk menyusun, mengelolah dan menarik kesimpulan dari apa yang
ditelitinya.
2.
Sebutkan 2 contoh kegunaan statistik dalam pendidikan?
Ø Membantu peneliti dengan menggunakan metode untuk menganalisis dan
menarik kesimpulan, perkembangan pendidikan saat ini.
Ø Membantu peneliti untuk mengumpulkan data, mengenai pendidikan yang
berkembang dalam masyarakat.
3. Fungsi
statistik antara lain dapat menyederhanakan data kompleks menjadi sederhana,
berikan 2 bentuk penyajian data tesebut?
Ø Bentuk penyajian data 1
Misalnya judulnya “Kemampuan Siswa SMP Muhammadiyah Bulukumba
Menggunakan kata bersinonim dalam kalimat Bahasa Indonesia”.
Dari judul diatas, jika kita menganalisis kata yang di cetak miring
maka merujuk pada semua siswa SMP Muhammadiyah Bulukumba yang akan menjadi
sampel penelitian. Jika judul diatas ingin di sederhanakan akan menjadi seperti
ini “Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Bulukumba Menggunakan kata
bersinonim dalam kalimat Bahasa Indonesia”. Berarti hanya siswa kelas VIII
saja yang menjadi sampel penelitian.
Ø Bentuk penyajian data 2
Misalnya judulnya “Kemampuan Siswa SMP Muhammadiyah Bulukumba
Menggunakan kata bersinonim dalam kalimat Bahasa Indonesia”.
Sebelum kita meneliti yang perlu di perhatikan terlebih dahulu daftar
siswa SMP Muhammadiyah Bulukumba pada table sebagai berikut:
Kelas
|
Siswa
|
Ia
|
35
|
Ib
|
27
|
Ic
|
36
|
IIa
|
28
|
IIb
|
31
|
IIc
|
33
|
IIIa
|
29
|
IIIb
|
38
|
IIIc
|
30
|
Jumlah
|
287
|
Dari jumlah keseluruhan siswa SMP Muhammadiyah sebanyak 287 orang
untuk menyederhanakan data, kita menggunakan metode Random atau Acak dengan
melihat table sebagai berikut:
Kelas
|
Siswa
|
I
|
5
|
II
|
5
|
III
|
5
|
Jumlah
|
15
|
Jadi, dari jumlah 287 orang siswa SMP Muhammadiyah hanya 15 orang
yang menjadi bahan/sampel penelitian.
4. Apakah
statistik dapat dipergunakan untuk memprediksikan suatu masalah, jika dapat
berikan contohnya dalam bidang pendidikan?
Ø Dapat, karena salah satu kegunaan statistik adalah memprediksikan
waktu yang akan datang. Jadi, jika di sangkut pautkan dengan memprediksikan
suatu masalah dalam pendidikan maka disinilah peran statistik, dengan cara
mengumpulkan data dan sampel masalah yang dapat memberikan informasi terhadap
masalah yang ada. Misalnya, dengan memprediksikan masalah perkembangan
pendidikan yang ada di bulukumba, berdasarkan data yang ada bahwa tiap tahun
bulukumba mengalami perkembangan pendidikan, dapat di lihat table dibawah ini:
Tahun
|
Yayasan
|
2001
|
50 Sekolah
|
2004
|
81 Sekolah
|
2007
|
95 Sekolah
|
2010
|
104 Sekolah
|
Jadi, dapat diprediksikan pada tahun 2013 pendidikan yang ada di
Kabupaten Bulukumba akan mengalami Peningkatan seperti tahun sebelumnya.
Tugas 2 Tgl,
20/10/2011
1. Tuliskan perbedaan sensus dan sampling?
Ø Sensus
-
Mencatat atau meneliti seluruh elemen yang menjadi objek kajian.
- Hasil
yang diperoleh merupakan karasteristik sebenarnya.
-
Mengunakan waktu, tenaga dan peralatan yang cukup besar.
Ø Sampling
-
Mencatat atau meneliti sebagian kecil dari keseluruhan elemen.
-
Hasil yang diperoleh hanya sebatas nilai perkiraan/estimasi.
-
Menggunakan waktu, tenaga, biaya dan peralatan yang relatif kecil.
2.
Tuliskan definisi sampel dan populasi, serta berikan contohnya dalam bidang
pendidikan?
Ø Sampel adalah bagian dari populasi.
misalnya : dari beberapa banyak
siswa SMP Muhammadiyah hanya sebagian yang menjadi sampel penelitian
Ø Populasi adalah keseluruan objek penelitian yang terdiri dari
hewan, tumbuhan, gejala-gejala atau peristiwa sebagai sumber data yang memiliki
karakteristik tertentu.
Misalnya : Jumlah populasi di SMP
Muhammadiyah Bulukumba sebanyak 287 orang
3. Tuliskan
contoh data tunggal dan data kelompok?
Ø Data tunggal
Contohnya :
85
|
73
|
60
|
84
|
100
|
69
|
92
|
80
|
66
|
78
|
Ø Data kelompok
Contohnya :
93-100
85-92
76-84
68-75
60-67
|
4. Tuliskan 1
model angket yang menggunakan skala likert?
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
N
|
T
|
ST
|
1
|
Saya senang
belajar Bahasa dan Sastra Indonesia
|
|||||
2
|
Pelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia sangat sulit
|
|||||
3
|
Saya senang ke perpustakaan untuk
menambah pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia
|
|||||
4
|
Saya tidak suka membeli buku
tentang Bahasa dan Sastra Indonesia
|
|||||
5
|
Saya senang jika ada kesempatan
untuk bekerja dibidang yang berhubungan dengan Bahasa
|
|||||
6
|
Saya tidak suka menjadi guru
Bahasa
|
|||||
7
|
Saya senang mencari materi
mengenai Bahasa dan Sastra Indonesia di internet jika ada tugas
|
Ket :
Positif
: 1, 3, 5, 7
Negatif
: 2, 4, 6
Skor
pernyataan Positif : SS=5, S=4, N=3, T=2, ST=1
Skor
pernyataan Negatif : SS=1, S=2. N=3, T=4, ST=5
sangat bermanfaat.... salut buat pengelola blog.....
BalasHapusBru blajar. Bila di bandingkan dg tulisan jurnalis sperti tulisan Anda, ini tdk apa2x. Tulisan diatas sbnarx bersumber dari tulisan kluarga saya. Penulis tdk mncantumkan sumbernya, mudah2 tulisan slanjutx sumber sudah di tampilkan, kaya postingannya pak Asnawin he he he ...
Hapus